Senin, 06 Februari 2012

Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang merupakan salah satu wisata pantai yang menjadi pilihan di Kabupaten Garut. Lokasi objek wisata Sayang Heulang berada di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk yang berjarak sekiar 89 km dari Kota Garut. Objek wisata ini memang cukup jauh dari Kota Garut, namun keindahan pantai yang ditawarkan sangat menakjubkan. Anda dapat menggunakan kendaraan untuk mencapai pantai ini. Route yang dapat anda lewati untuk sampai ke objek wisata ini adalah reoute Garut-Pameungpeuk-Macagahar-Sayang Heulang. Lama perjalanan untuk sampai ke Sayang Heulang adalah sekitar 3 jam dari pusat Kota Garut.


sumber : karnoirin.blogspot.com
Panorama indah Pantai Sayang Heulang

Panjang Pantai Sayang Heulang diperkirakan 3,5 km dengan luas lokasi pariwisata sekitar 10 ha dan merupakan lahan yang cukup subur. Pada bagian tepi pantai ditanai tanaman pandan laut sedangkan pada daerah yang lebih dalam lagi ke daratan dimanfaatkan sebagai daerah pertanian produktif yang ditanami kacang tanah, kelapa dan lain-lainnya. Di Pantai Sayang Heulang terdapat lokasi perkemahan yang dapat dimanfaatkan bagi para pecinta alam yang hendak menikmati indahnya malam di pantai sambil melhiat nelayan yang mencari ikan di laut. Bagi wisatawan luar kota yang tidak membawa tenda untuk berkemah tidak perlu kawatir karena di lokasi wisata ini tersedia penginapan. Di pantai ini juga terdapat sarana pemancingan ikan yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan yang mempunyai hobi memancing.

Perbandingan Orang dan Ombak di Sayang Heulang
sumber : blog.maleber.net
Perbandingan tinggi orang dewasa dengan ombak di Sayang heulang

Daya tarik Pantai Sayang Heulang terletak pada kestabilan ombak di pantai, tidak seperti pantai-pantai lainnya seperti Parangtritis dengan ombaknya yang cukup besar bahkan terkadang membahayakan para pengunjungnya. Keistimewaan lain dari objek wisata ini adalah bahwa pantai memiliki dua tipe. Tipe yang pertama adalah tipe pantai yang berkarang yang terletak di sebelah barat. Tipe kedua adalah tipe pantai yang tidak berkarang. Anda dapat melihat panorama yang sangat menakjubkan seperti panorama fauna seperti ikan-ikan hias, beraneka jenis karang dan ikan lautnya yang hidup di sela-sela hamparan batu karang yang cukup luas. Pasir pantai yang berwarna putih kecoklatan juga dapat anda temui disini. Jika anda ingin menikmati lezatnya ikan laut dan kerang laut, di objek wisata ini juga tersedia yaitu di kios-kios makanan dan minuman.

0 komentar:

Posting Komentar