Selasa, 07 Februari 2012

Pantai Santolo

Pantai Santolo merupakan salah satu pantai yang populer terdapat di Kabupaten yang terletak di Kecamatan Cikelet, sebelah selatan pusat kota Garut, jarak tempuh dalam waktu 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km. Pantai ini cukup dikenal di kota Bandung dan merupakan daerah tujuan wisata . Kawasan Pantai Santolo merupakan berkumpulnya nelayan tradisional yang akan dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata yang indah. Juga merupakan daerah untuk kegiatan nelayan sebagai dermaga (pelabuhan) kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk.
santolo4
sumber : tour.incomagz.com
Panorama indah Pantai Santolo

sumber : dokumen ane
Tempat parkir kapal nelayan tradisional


Menikmati panorama pantai dan biota laut,merupakan aktivitas wisata yang dapat dilakukan. Tersedia juga sewaan perahu yang melayani wisatawan untuk menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang. Selain itu kita bisa menikmati hidangan makanan laut yang segar dengan sajian yang sederhana. Fasilitas yang dibutuhkan wisatawan cukup tersedia seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau.


Di Santolo kita bisa menikmati beberapa tempat wisata. Yang terutama adalah muara Cilauteureun. Dinamai Cilauteureun karena air di muara ini seperti berhenti mengalir ke laut, tetapi air laut yang asin mengalir ke sungai yang airnya tawar yang kemudian mengalir kembali secara perlahan ke Muara Cilauteureun. Konon peristiwa seperti ini hanya bisa ditemukan di dua tempat, yakni di Santolo Garut dan Prancis. Di sini kita bisa melihat jejeran perahu nelayan yang berlabuh di dermaganya. Disini juga terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang difungsikan sebagai tempat transaksi penjualan hasil laut.

santolo7
sumber : tour.incomagz.com
Jembatan antara Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang

 Sumber : abdidani.wordpress.com
Di atas jembatan

Muara Cilauteureun dulu dikenal sangat angker karena dihuni oleh buaya muaranya yang ganas. pada jaman Belanda hingga tahun 1960-an, di muara ini terdapat jembatan lori daratan di utara dengan Pulau Santolo di selatan. 

sumber : dokumen ane
Pulau Santolo

Hamparan pasir putih yang ditemani gemuruh ombak tenang merupakan kelebihan tersendiri bagi Pantai Santolo. Jika bosan dengan pasir putih, Anda bisa menyebrangi muara menggunakan perahu dengan tariff sekira Rp2.000/orang). Di sisi lain Pantai Santolo, Anda bisa menikmati indahnya batuan karang.

Sumber : dokumen ane
Batu karang di Pantai Santolo

Sebagaimana layaknya tempat wisata pantai di Indonesia, di Pantai Santolo Anda bisa menikmati beragam kuliner seafood. Berbagai jenis makanan yang berbahan ikan laut bisa Anda temukan di sini.

Sementara untuk urusan penginapan, anda tak perlu khawatir. Pantai Santolo menawarkan beragam tempat menginap murah meriah. Banyak penginapan di dekat pantai sehingga ketika tiba malam hari, Anda bisa tidur ditemani suara ombak pantai nan syahdu. 



Bagi Anda yang sedang ingin bertualang ke tempat baru, cobalah menyambangi Pantai Santolo, Garut. Nikmatilah suasana liburan berbeda.

Untuk mencapai Pantai Santolo, silakan arahkan kendaraan Anda ke Kota Garut terlebih dahulu. Setelah itu, pastikan jalur Anda menuju kecamatan Pameungpeuk, Garut Selatan. Sarana jalan untuk bisa mencapai tempat ini bisa dikatakan cukup memadai.


Buat Anda yang berencana berlibur ke pantai di Pameungpeuk, berikut List Penginapan  di Pameungpeuk :

List Penginapan di Pameungpeuk

7 komentar:

Tony Sudhana mengatakan...

Nice place to go..

Arry Asgar mengatakan...

hahaha, tentunya
tak salah untuk mengunjunginya :D

Anonim mengatakan...

penginapan murahnya kira2 berapa harganya permalam? :D

Arry Asgar mengatakan...

terakhir ane kesana, harga rata-ratanya 100 rb - 200 rb per malem

Arry Asgar mengatakan...

untuk informasi mengenai hotel di pameungpeuk bisa dilihat di sini ---> http://garutdis.blogspot.com/2012/06/list-penginapan-di-pameungpeuk.html

Anonim mengatakan...

nice blog. kang nitip video saya yah kang di blog akang . ini linknya. cek aja dulu videonya. smoga membantu orang2 yg mau liburan ke santolo
http://www.youtube.com/watch?v=UuSjTN1fPT8

hotel di bandung mengatakan...

santolo sangat indah dan tempatnya lumayan nyaman untuk linuran keluarga, hotel dan penginapan disana lumayan lengkap

Posting Komentar