Minggu, 22 Mei 2016

FIELD TRIP I MPP 2015


Selamat malam Travelmate, kali ini saya bakalan bahas tuntas Fieldtrip Manajemen Pemasaran Pariwisata 2015. Oke langsung aja gapake lama, pembahasannya bakalan dibagi tiga, mulai dari persiapan, saat pelaksanaan hingga setelah kegiatan fieldtrip itu sendiri. Okey langsung aja yaa cek this out :


***
Persiapan Fieldtrip
Buat fieldtrip kali ini, saya bertindak sebagai panitia bagian destinasi. Kebetulan saya jadi koordinatornya. Saya ga sendirian, saya ditemenin sama Almira. Kita membawahi Tour Leader yang nantinya pas pelaksanaan bakal mandu peserta selama di destinasi wisata yang bakal dikunjungi di Pangandaran.
Suasana Rapat

Suasana Rapat

Persiapannya lumayan ribet nih travelmate soalnya waktu kita mepet banget. Kita cuman punya waktu sebulan, ga kurang ga lebih. Akhirnya jadwal padet banget tuh, hampir tiap hari musti rapat buat nyusun proposal secepatnya biar subsidi bisa cepet turun.
Capenya ga cuman disitu, panitia juga musti segera nyari-nyari transport, hotel, tempat makan sama destinasi yang ada di sana. Alhasil, saya dan rekan yang lainnya harus rela cape-capean buat nyari itu semua.
Udah gitu tantangan selanjutnya, pelaksanaan fieldtrip kita tuh pas peak seasonnya liburan soalnya Mei tuh udah masuk liburan buat anak-anak sekolahan. Ditambah lagi waktunya weekend pula. Udah gitu anak-anak MPP-nya tetep pada mau 3d2n.. Lha masalahnya apa? Ya ga masalah sih cuman harga hotel jadi mahal, harga sewa bis juga mahal. Alhasil, harga per pax-nya pun jadi lumayan mahal. Tiap peserta fieldtrip harus bayar sekitar Rp.  870.000, tapi kita dapet subsidi dan cuma bayar Rp. 750.000.
Udah gitu tiba saatnya evaluasi sama dosen. Jeng-jeng. Ternyata apa yang sudah kita lakukan ini masih banyak kekurangan. Yaa ga perlu dijelasinlah, yang penting kita sebagai panitia jadi tau salahnya apa dan harus gimana buat fieldtrip selanjutnya.
Oke persiapan beres dan kita tinggal berangkat.

***
Tahap Keberangkatan
Hari Pertama
Jadwalnya kita berangkat tanggal 13-15 Mei 2016, tapi kita kumpul dari hari Kamis tanggal 12 Mei 2016 jam 23.00. Banyak yang udah dateng dari sebelumnya juga, ya syukur semuanya lancar. Bus udah dateng jam 00.00 dan sekitar 00.30 kita udah bisa berangkat ke Pangandaran.
Gatau gimana aja di perjalanan, tau-tau jam 05.00 udah sampe di Banjar. Kita berhenti di Masjid Besar yang ada disana buat solat Subuh. Udah gitu dilanjut ke Pangandaran dan sekitar jam 07.00, kita sampe di Rest Area. Disitu harusnya kita mandi, tapi lantaran waktunya mepet, saya cuman cuci muka dan ganti baju aja jadi grooming MPP kaya hari jumat. Udah gitu kita lanjutin perjalanannya menuju kantor bupati Pangandaran. Tapi sebelumnya katanya Pak Buapti Pangandarannya yang mau ngisi audiensi lagi ada acara dan kita nunggu dulu di Masjid Besar Pangandaran. Audiensi kita disana dibantu sama om-nya Mutia, jadi kita bisa audiensi langsung sama orang nomor satu di Pangandaran.
Setelah kita nunggu beberapa saat, sekitar jam 10.00 kita langsung menuju ke balai desa Pangandaran dan gajadi ke Kantor Bupati soalnya Pa Bupati lagi ada di sana. Lokasinya ada di dalem kawasan wisata Pantai Pangandaran, jadi kita harus lewatin gerbangnya. Dan sekali lagi atas bantuan om-nya Mutia, kita juga bisa gratis masuk ke kawasan wisata Pangandaran sebagai tamunya Bupati Pangandaran. Dari situ tempatnya ga jauh. Peserta siap-siap deh buat audiensi. Selama Audiensi, Pak Bupati ngebeberin hal-hal apa aja yang ditempuh Pangandaran buat jadi destinasi wisata dunia danmasalah-masalah yang dihadapi Pangandaran buat wujudkan cita-citanya itu.
Audiensinya ga lama, cuman sekitar 45 menit. Udah gitu kita lanjut siap-siap check in di Hotel Surya Kencana Pangandara yang udah kita siapin dari sebelumnya. Suhu disana panas banget, jadi pas masuk kamar hotel saya langsung mandi aja. Tapi tetep aja udahnya masih aja gerah. Waktu gakerasa udah nunjukin jam 12.00, saatnya solat jumat. Masjidnya deket banget dari hotel, tinggal keluar dikit nyampe.

Pas Nyampe Hotel

Udah gitu acara selanjutnya yaitu makan! Dimana? Di Karya Bahari yang ada di pantai timur. Masakannya jelas seafood, dan luar biasa nikmat banget makan disana. Maknyus abis deh pokoknya.
Udah pada kenyang enaknya sih tidur, tapi kita kan mau wisata. Jadi udahnya kita langsung ke Cagar Alam Pangandaran dan ke Pasir Putih. Kita kesana ngelobi tiketnya dan dapet potongan juga. Jalan-jalan disana lumayan capek, soalnya Cagar Alam luas buanget. Kita disana bisa liat hewan-hewan endemik kaya monyet, rusa dan lain sebagainya. Selain itu, disana juga banyak gua, ada gua alami ada juga gua buatan. Udah gitu kita nyisir ke pinggir pantai dan sampe di tempat yang namanya pasir putih. Udah gitu kita lanjutin perjalanan ke Pantai Barat pake perahu nelayan. Tarifnya cuman 5ribu buat sekali berangkat.

Berfoto di Pasir Putih

Berfoto di Cagar Alam bersama Kelompok 1

Kapal Nigeria yang melakukan pencurian, dibom dan diabadikan disini
  
Udah gitu, sekitar jam 16.30, acaranya cukup free, peserta ada yang renang di pantai dan ada juga yang di kolam hotel. Yang pada belanja juga ada. Udah gitu jam 18.30, acara selanjutnya yaitu dinner. Dinnernya di hotel, kita bisa pake restoran disana soalnya kita rombongan paling banyak. Jadi kita bebas ngapain aja disana. Dari anak acara, mereka adain games tebak wajah, terus dari dokumenter, mereka nampilin hasil karya mereka tentang behind the scene inaugurasi.
Pokokmya acara malem itu pecah abis deh gabisa diuraikan lagi dengan kata-kata. Dan udah gitu, acara bebas, tapi dari panitia nyaranin peserta buat tidur, soalnya besok pasti lebih rame lagi dan menguras tenaga juga. Tapi saya sih ga langsung tidur, di Pangandaran malemnya saya keliling-keliling pake odong-odong yang digowes gitu yang pake lampu-lampu dan ada musiknya. Seru  abislah pokoknya.
Waktu udah cukup malam sekitar jam 23.00, saya sama temen-temen balik ke hotel dan tidur. Cukuplah buat hari pertama.

Hari Kedua
Saya Bangun jam 05.00. saya langsung solat dan udah gitu karna masih ngantuk, tiduran dulu aja sambil nunggu waktu breakfast di hotel jam 07.30. Restorannya penuh, sampe jadi waiting list. Tapi ga lama sih. Makanannya enak-enak, banyak pula variasinya. Mantaplah pokoknya.
Udah cukup makan, peserta langsung siap-siap buat ke Citumang. Kita disana mau body rafting. Belum kebayang gimana sih, tapi pastinya rame banget . Saya pribadi bagian destinasi yang ngurusin kegiatan disana, saya kesananya pake motor, sama pengelola body rafting yang mau kita pake jasanya. Lumayanlah walau pedih karna gapake helm, saya jadi banyak tau juga soal pariwisata di Pangandaran, khususnya di Citumang.
Peserta dianterin pake bus ke pinggir jalan raya yang mau ke Citumang. Udah gitu dilanjut pake truk yang udah disediain sama pengelola Citumang. Saya? Tetep dibonceng pake motor. Jaraknya dari jalan raya ke lokasi ga terlalu jauh, yaa paling 4-5 km dengan jalan pedesaan. Baguslah pemandangannya. Udah gitu pas sampe disana, kita dapet pengarahan dulu dari pengelolanya dan gapake lama lagi kita pada pake pelampung udah gitu caw ke lokasi body rafting.

Bersiap sebelum body rafting

Daan pas sampe di lokasinya, ternyata yang body rafting disana juga banyak. Kita harus antri dulu, soalnya peserta pada mau masuk ke goa dulu dan pada mau loncat dari tebing dengan ketinggian kurang lebih 7 meter. Saya? Loncat juga soalnya malu dan dipaksa sama Bu Dewi. Takut? Yaa gitulah, gimana ntar aja yang penting naik dulu aja, malu dong kalo ga naik, mau disimpen dimana nih muka?
Oke udah di atas, giliran saya buat loncat. Yang dibawah udah pada ngitung aja ngasih aba-aba. Tapi saya belum berani. Saya diem dulu. Eh dikasih aba-aba lagi. Ah udahlah terjun aja. Daaan pas jatuh kayanya salah posisi, luamayn sakit juga nih pantat kena air. Tapi ga lama ko, udah gitu langsung ilang. Udah pada loncat, kita masuk dulu ke goa, dan buntu ternyata dan ga ada apa-apa. Jadi kita lanjut mengarungi sungai Citumang ini.
Seru abis deh pokoknya. Kita loncat-loncat, main ayunan tali kaya tarzan, udah gitu kita ngambang-ngambang di air daaan ga kerasa eh udah sampe aja di finish-nya. Padahal kita body rafting kurang lebih 3 jam, tapi kerasanya bentar. Kita beres sekitar jam 13.00. udah gitu peserta pada bilas dan udahnya peserta pada makan makanan yang juga udah disiapin sama pengelola. Wah luar biassa banget deh pokoknya pengelola body rafting yang kita pake jasanyya. Oh iya namanya Pak Ade, kalo mau ke Citumang wajib hukumnya pake jasa beliau. Harganya murah dan pelayanannya maksimal, sama persis kaya yang harganya 100ribu ke atas. Kok bisa? Iya dong hasil kerja anak destinasi.
Udah gitu beres sekitar jam 14.00, kita langsung pmit sama Pak Ade dan kita lanjutin perjalanan ke Batu Karas. Kita sampe disana sekitar jam 15.00. disana kita ngapain aja? Bebas sih, ada yang water sport ada yang maen air doang, ada yang foto-foto, dan ga lupa juga ibadah. Waktunya udah sore dan kebetulan disana mendung tapi ga ujan, akhirnya diputuskan buat kembali ke hotel di Pangandaran. Itu sekitar jam 17.00.

Berfoto di Batu Karas

Udah gitu kita sampe di hotel sekitar jam 18.30, kita siap-siap buat acara selanjutnya yaitu makan di Bamboo cafe and resto kalo ga salah namanya. Disana kita makan malam dan dilanjut sama acara yang diselenggarakan anak acara. Kita disana ada tukar kado, ada pemilihan nominasi, ada bagian katakan cinta juga, ada evaluasi angkatan. Rame abis deh pokoknya. Acaranya tuh di pantai, kita pake lilin biar terang dan di tengahnya ada api unggun gitu. Waaah meriah abis deh pokoknya.
Dan gakerasa waktu udah nunjukin jam 23.00 aja, waktunya kembali ke hotel dan tidur. Tapi pas mau tidur, dateng deh pengganggu dari kamar bawah, ngajak main gitu. Yaa gimana juga sih kalo nolak tapi mau main juga, kalo ga nolak cape. Yaudah akhirnya kita main dulu aja. Tapi ga terlalu jauh, soalnya kaki udah pada sakit dan pegel. Ga lama kemudian sekitar jam 00.00 dini hari, kita balik ke hotel dan langsung tidur.

Hari ke tiga
Tiba juga di penghujung hari. Saya bangun jam 05.30. saya solat dan karena masih ngantuk berat saya tidur lagi dan bangun lagi jam 08.00.  Acaranya emang free activities tapi kita udah punya rencana mau main, akhirnya langsung mandi dan siap-siap buat breakfast dulu di hotel. Udah gitu kita caw ke pantai dulu bentar. Di Pantai kita foto-foto, ada juga yang belanja baju atau oleh-oleh lainnya. Udah gitu waktu ga kerasa banget. Entahlah kenapa, kayanya memang kita masih betah disana. Jam 11.00, kita harus check out, semua kumpul di lobby hotel dan dengan terpaksa kita harus pulang ke Bandung.
Di perjalanannya lumayan macet dan kita banyak berhenti. Kita sampe di Bandung sekitar jam 22.00. jadi kita di perjalanan sekitar 11 jam. Mantap!
Okeh mungkin itu aja keberangkatan kita ke Pangandaran. Pokoknya mantap abis deh pengalaman disana sama MPP 2015!

***
Pas Udah Fieldtrip

Oke buat panitia pribadi, ini belum beres soalnya masih perlu nyiapin laporan pertanggung jawaban selama disana. Saya sendiri harus report soal uang yang kepake dan uang sisa disana. Alhamdulillah semuanya lancar jaya. 

0 komentar:

Posting Komentar