Rabu, 27 Juli 2011

Gunung Karacak

Salah satu gunung yang membentengi Kota Garut adalah Gunung Karacak di sebelah selatan. Gunung ini juga menjadi perbatasan wilayah Kabupaten Garut dengan Kabupaten Tasikamalaya. Di sekitar gunung ini terdapat beberapa tempat yang dianggap keramat oleh masyarakat. Diantaranya adalah Godog, tempat dimakamkannya Sunan Rohmat, yang lebih dikenal dengan sebutan Kean Santang, atau pangeran Cakrabuana. Oleh sebab itu gunung ini juga sering disebut Gunung Cakrabuana.


Jika dilihat dari kota Garut, Gunung Karacak lebih terlihat sebagai gugusan perbukitan. Gunung ini tingginya tercatat 1.838 meter diatas permukaan air laut. Keberadaannya tidak terlalu menonjol seperti Gunung Cikuray, Gunung Papandayan, atau Gunung Guntur. Namun demikian, gunung ini sering dikunjungi oleh para pendaki.

Lereng dan puncak Gunung Karacak umumnya masih diselimuti hutan belantara. Bahkan pada salah satu lerengnya sangat ditakuti pendaki karena banyak terdapat pacet (lintah darat). Siapapun yang melewati tempat itu, harus bersiap-siap diserang pacet yang berloncatan dari tanah maupun dedaunan.


Di kakai sebelah Utaranya, yang masuk ke wilayah Kabupaten Garut, merupakan daerah pertanian yang sangat subur dan ditanami berbagai komoditas pertanian. Dari puncak Karacak, mengalir sungai Cimaragas, Ciharus, dan Cigumungkung. Sayang sungai-sungai itu dari tahun ke tahun debit airnya terus berkurang karena hutan diatasnya terus dirambah untuk perladangan. 

0 komentar:

Posting Komentar