Senin, 25 Juli 2011

Gunung Cikuray


Gunung Cikuray merupakan gunung tertinggi di Garut. Tingginya tercatat 2.821 meter dari permukaan laut. Karena ketinggiannya itulah, gunung ini sangat mudah dikenali dan dilihat dari berbagai arah. Letaknya berada di selatan kota Garut, tepatnya berada di antara wilayah Cilawu, Cikajang dan Bayongong. Selain dikenal ketinggiannya, gunung ini juga menjadi symbol kekayaan alam di Garut.

Menurut para ahli sejarah, Gunung Cikuray awalnya bernama Srimanganti. Di lereng gunung ini pada zaman dulu terdapat mandala (pemukiman para pendeta), yang menjadi tujuan untuk menuntut dan mengaji bermacam-macam ilmu. Mandala ini diberi nama Gunung Larang Srimanganti. Di tempat inilah tradisi kerajaan Sunda dalam bidang tulis menulis berlangsung sampai abad ke-17. Banyak naskah Sunda kuno yang ditulis saat itu dan menjadi obyek penelitian para ahli sejarah hingga kini. Naskah-naskah itu saat ini tersimpan di Kabuyutan Ciburuy, Cigedug, Garut.


Selain itu, sejak abad ke-19 lereng Gunung Cikuray mulai dibuka untuk lahan perkebunan teh. Salah satu perkebunan teh yang terkenal saat itu adalah Perkebunan Waspada, yang berada di sekitar wilayah Cikajang. Perkebunan teh ini dikelola oleh Karel Frederik Holle (K.F. Holle) yang dikenal juga sebagai penasihat pemerintah kolonial Belanda untuk urusan masyarakat pribumi. Waspada menjadi terkenal karena Holle menjadikan perkebunan ini sebagai tempat bereksperimen yang menggabungkan bisnis dan idealisme kebudayaandengan tujuan memberdayakan masyarakat pribumi. Maka lahirlah dari tempat ini berbagai inovasi di bidang kebudayaan dan pertanian, di antaranya pembudidayaan ikan air tawar, peternakan domba, dan sistem sengked untuk lahan pertanian.

Sampai saat ini pun panorama alam Gunung Cikuray banyak diminati wisatawan, baik wisatawan domestic maupun mancanegara. Banyak diantara mereka yang datang ke cikuray untuk tergoda untu mendaki gunung sambil melihat pemandangan sekitarnya yang sangat indah. Walau pun gunung ini tidak memiliki kawah seperti Gunung Guntur atau Papandayan, tetapi panorama alamnya tidak kalah menarik dari gunung lain di sekitarnya.
Jika kita berada di puncaknya, akan Nampak hamparan panorama yang menakjubkan. Di sebelah selatan akan tampak birunya Samudra Indonesia. Sementara di sebelah utara akan tampak hamparan Kota Garut. Malah kalau cuaca sedang baik, puncak-puncak gunung yang jauh pun bisa terlihat. Selain itu para pendaki juga bisa melihat pemancar relay televise yang dibangun di lereng Gunung Cikuray.

Untuk bisa naik ke Gunung Cikuray ada dua jalur yang bisa ditempuh. Pertama melalui perkebunan teh Dayeuh Manggung yang bisa ditempuh dari jalan rayaGarut – Singaparna, Tasikmalaya. Yang kedua bisa ditempuh dari perkebunan Giriawas, Cikajang.
         

           
        

0 komentar:

Posting Komentar