Minggu, 17 Juli 2011

Dodol Garut


Dodol Garut merupakan salah satu jenis dodol yang paling dikenal saaat ini. Bukan hanya di Garut, di tingkat nasional pun sudah sudah diketahui bahwa dodol merupakan makanan khas Garut. Awalnya dodol Garut merupakan makanan tradisional yang diolah di rumahan, oleh karenanya sangat sulit untuk menentukan orang yang pertama kali membuat dodol ini. Bahkan dodol Garut juga diekspor ke mancanegara.


Dodol yang sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda ini, kini diproduksi dengan cara modern, salah satu jenis dodol yang sangat dikenal adalah dodol ber-merk picnic yang mengolah dodol dengan cara modern. Pabriknya berada di Jalan Pasundan Garut. Dodol ini memiliki banyak ragam, misalnya dodol ketan, dodol buah-buahan, dodol kacang dan ada pula dodol angling. Dodol jenis ini, tidak hanya dipasarkan di dalam negri, tetapi juga diekspor ke mancanegara.



Saat ini juga di Garut terdapat sebuah produk coklat yang dikolaborasikan dengan dodol Garut yang dinamakan chocodot dan juga Brodol yaitu brownis yang dikolaborasikan dengan dodol Garut. Anda bisa menemukan produk-produk ini di alamat *Saung Cokelat* JL.Babakan Salaawi No.25 Cipanas Tarogong Garut Jawa Barat 0262-9176767 *Waroeng Cokelat Intan* JL. Otista No.72A Tarogong Garut Jawa Barat 0262-9126767 *Opening Soon : d'Jieun Tjokelat* JL Otista No 2 Pasawahan Tarogong, Garut. 


Jika kita berkunjung ke toko-toko penjual oleh-oleh khas Garut, akan kita temui berbagai ragam dodol Garut dengan kemasan yang berbeda-beda. Jika dodol ketan dan dodol buah-buahan dibungkus dengan kertas minyak atau plastik, dodol kacang dan angling biasanya dibungkus dengan mengunakan daun jagung kering.

0 komentar:

Posting Komentar