Selasa, 05 Juli 2011

Cipanas

Cipanas Garut merupakan obyek wisata alam di Garut yang terletak di Kecamatan Tarogong Kaler yang menjadi andalan Pemda Garut.Sumber air panas di wilayah Cipanas berasal dari salah satu gunung di Indonesia yang masih aktif yaitu Gunung Guntur yang suhu airnya bisa mencapai 49 derajat celcius. Air panas yang mengandung belerang ini dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan Dinas Pariwisata Garut mengklaim bahwa air panas di Cipanas merupakan yang terbening di Indonesia sehingga obyek wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan domestic maupun wisatawan asing
.
Sejak awal abad ke-20, Cipanas sudah menjadi temapt wisata yang disukai oleh orang Eropa dan Amerika, sehingga saat itu Garut dijuluki Swiss van Java yang berarti Swiss-nya Jawa. Artis komedian Amerika yang termashur yaitu Charlie Chaplin tercatat pernah singgah di Cipanas.

Obyek Wisata Alam Cipanas (Sabda Alam)


Jarak yang ditempuh dari pusat kota menuju cipanas kurang lebih sekitar 9 KM. Akses jalan bisa ditempuh dari beberapa arah. Salah satunya dari arah pusat kota yang bisa ditempuh dengan menggunakan Angkutan Kota yang berwarna coklat muda (angkot 04). Disana juga banyak terdapat hotel dan penginapan dengan tarif yang berbeda-beda. Mulai dari penginapan yang tarifnya sangat murah sampai hotel yang berbintang yang menyediakan kamar kelas satu. Demikian juga kolam renang dan kolam rendam yang banyak ditemukan di Cipanas bagi mereka yang sekedar ingin berenang dan berendam.

Di pusat keramaian Cipanas juga terdapat banyak restaurant atau rumah makan yang menyediakan berbagai menu makanan bagi pengunjung. Namun banyak juga hotel-hotel di Cipanas yang juga menyediakan restaurant yang memanjakan para pengunjung denga menu yang modern maupun tradisional.

Bagi mereka yanjg menyukai olah raga hiking atau mendaki gunung, bisa juga melakukannya dari Cipanas. Dari sana terdapat jalur pendakian menuju puncak Gunung Guntur yang lebih landai disbanding jalur dari Curug Citiis di sebelah utaranya. Dari puncak Gunung Guntur, kita dapat melihat panorama alam yang sangat indah dan jika langit sedang cerah, maka  panorama Kota Garut dapat terlihat dari puncaknya.

0 komentar:

Posting Komentar