Selasa, 19 Juli 2011

Endog Lewo

Endog lewo merupakan makana ringan yang memiliki warna kuning yang bentuknya bulat seperti telur yang dalam Bahasa Sunda berarti endog juga merupakan salah satu kuliner khas Garut yang berasal dari Kampung Lewo di Kecamatan Malangbong, Garut. Namun masyarakat di daerah tersebut lebih mengenal makanan ini dengan sebutan emplod. Sementara, pemberian nama endog lewo sendiri dilakukan oleh masyarakat luar.
Endog Lewo 
Konon orang yang pertama kali membuat makanan ini adalah salah satu penduduk Kampung Lewo yang bernama Haji Amin yang membuatnya pada tahun 1070-an. Pada saat itu petani Kampung Lewo menghasilkan singkong yang sangat berlimpah yang membuat Haji Amin berpikir agar singkong-singkong tersebut tidak mubazir dan bisa dimanfaatkan untuk jangka panjang.

Dari pemikiran tersebutlah yang membuat Haji Amin menemukan sebuah makanan yang bernama emplod atau endog lewo yang berbahan singkong. Kemudian emplod tersebut dijual di pasar Kampung Lewo. Tidak disangka, makanan dari singkong tersebut ternyata banyak disukai orang dan laku keras di pasaran.

Usaha menjual makanan tersebut semakin maju dan menjadi tidak hanya dijual di pasar Lewo saja, tetapi merambah ke Limbangan, dan Cicalengka. Namun makanan tersebut oleh masyarakat luar kampung Lewo dikenal dengan sebutan endog lewo yang merupakan makanan khas dari Malangbong, Garut.

Di tempat asalnya yaitu di Malangbong, makanan ini dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para tamu yang berkunjung atau melewati Malangbong. Makanan ini pun banyak dicari oleh para pengunjung untuk dijadikan oleh-oleh dari Malangbong. Makanan ini memiliki rasa yang cukup enak dan cocok untuk dijadikan cemilan. Makanan ini pun memiliki harga yang murah.

Bahan utama dari makanan ini adalah tepung singkong yanmg kemudian diberi garam, dan dibumbui dengan bahan lainnya. Kini pemasarannya sudah menyebar ke beberapa kota, seperti Tasikmalaya, Sumedang, Subang, dan Bandung. Para pedagang yang nakal sering mencampurkan makanan ini dengan kue sus kering yang sekilas memiliki penampilan yang hampir sama.    

0 komentar:

Posting Komentar